Friday, February 9, 2018

Lima Manfaat si Bunga Puspa Bangsa

Tahukah kamu, ternyata bunga Melati yang berwarna putin dan berukuran kecil, selain berfungai sebagai hiasan pengantin, juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh?

Tanaman berbentuk perdu dengan batang tegak adalah ciri dari tanaman dengan bunga kecil berwarna putih, yang disebut Melati. Indonesia menjadikan salah satu jenis bunga ini sebagai bunga nasional dengan sebutan Puspa Bangsa. Jasminum Sambac atau Melati Putih, melambangkan kesucian dan kemurnian. Bunga kecil yang berbau harum ini juga dianggap sebagai hiasan wajib bagi pengantin nusantara, khususnya Jawa dan Sunda.

Si Puspa Bangsa mengandung senyawa kimia seperti Indole, linalcohol, asetat benzilic, alcohol benzilic , dan jasmon, yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah lima manfaat dari bunga Melati :

1. Mengobati sesak nafas
Rutin meminum air rebusan bunga Melati pada pagi dan sore, dapat mengobati sesak nafas. Caranya dengan mencampur dua puluh lembar bunga Melati, garam dan tiga gelas air, rebus hingga menjadi dua gelas.

2. Mengobati demam dan sengatan serangga
Air yang dicampur dengan remasan segenggam Melati, lalu dipakai untuk mengompres dahi, dapat menurunkan suhu tubuh. Sedangkan untuk mengobati luka gigitan serangga, tempelkan segenggam bunga ini di tempat yang terluka.

3. Mengobati sakit mata
Dengan menempelkan bunga Melati yang telah diremas hingga halus di dahi, di atas mata, dipercaya dapat mengobati penyakit mata, seperti mata merah, berair dan belekan.

4. Menurunkan berat badan dan kolesterol
Melati yang dikombinasikan dengan teh hijau, dapat membantu membakar lemak tubuh. Rutin meminum teh dari bunga melati dapat menurunkan kadat kolesterol dalam darah.

5. Mencegah stres dan penuaan dini
Aroma khas dari Jasminum Sambac dapat memberikan efek relaksasi. Rutin mengonsumsi satu cangkir teh Melati, dapat membuat menenangkan syaraf yang tegang. Selain itu manfaat lain dari teh Melati dapat menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

No comments:

Post a Comment