Monday, February 12, 2018

Buah Unik Hasil Persilangan

Sudah menjadi rahasia umum, buah-buahan merupakan sumber vitamin alami. Selain enak dikonsumsi langsung, buah juga bisa diolah menjadi minuman seperti jus atau digabungkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti  es campur atau sup buah.

Biasanya, untuk mendapatkan cita rasa yang beda, seseorang akan mencampurkan dua jenis buah atau lebih, sekaligus. Misalnya ingin membuat minuman dengan rasa Apel-beri adalah dengan menggabungkan buah Apel dengan Strawberi. Namun, ada buah unik hasil persilangan dua jenis buah, yang menghasilkan varietas baru. Salah satu dari buah unik itu, asli Indonesia, lho!

Berikut ini 9 jenis buah unik hasil persilangan yang ada di dunia :

1. Cotton Candy Grapes
Anggur Hijau dengan rasa permen gula kapas ini adalah produk buah segar dalam kemasan, yang didistribusikan oleh Graperi. Buah ini didapatkan dari persilangan varietas Anggur tanaman Anggur lain yang dilakukan oleh ahli hortikultura yang bernama David Cain beserta tim ahlinya di International Fruit Genetics, Bakersfield, Amerika Serikat.

2. Paradis Sparkling
Persilangan Apel Resi dan Apel Pirouette Inggris, menciptakan buah Apel dengan rasa mirip minuman soda. Varietas ini ditemukan oleh ahli pembibitan buah di Swiss, setelah melakukan penelitian selama sepuluh tahun.

3. Plango
Buah unik yang dikembangkan di Thailand ini adalah persilangan antara buah Plum dan Mangga. Plango, walaupun terlihat seperti Mangga, tetapi kulitnya bisa dimakan seperti Plum.

4. Pineberry
Strawberry, Rapsberry, Blueberry dan Blackberry adalah keluarga berry yang lebih dikenal banyak orang. Selain empat berry tadi, ada juga Pineberry atau buah Strawberry Putih. Selain warnanya, berry putih ini juga memiliki rasa seperti buah Nanas.

5. NangkaDak
Dari namanya saja, sebagian orang sudah bisa menebak penggabungan buah apa saja Nangkadak ini. Gregori G Hambali dan Margianasari, menggabungkan dua buah yang masih satu varian, yaitu Nangka dan Cempedak. Sekilas, buah ini mirip Nangka pada umumnya, karena buah ini mewarisi keunggulan dari masing-masing buah bawaannya. Cita rasa Nangkadak, relatif lebih mania daripada Nangka atau Cempedak itu sendiri.

6. Jerpaya
Jerpay atau Jerpaya adalah buah hasil persilangan buatan anak bangsa. Buah unik yang dikembangkan di Indonesia ini adalah perpaduan antara Jeruk dan Pepaya. Ciri-ciri buah ini adalah kulit dan isinya yang seperti Jeruk tetapi daging buahnya seperti Pepaya, berwarna putih.

7. Cucamelon
Apa jadinya jika Semangka, Mentimun dan Jeruk Nipis digabungkan? Cucamelon adalah jawabannya. Tanaman yang berasal dari Meksiko ini berbentuk seperti Semangka tapi dengan ukuran yang jauh lebih kecil, juga memiliki rasa perpaduan antara Mentimun dan Jeruk Nipis. Tanaman ini selain kebal terhadap hama dan tahan kering, juga bisa ditanam dalam pot.

8. Yuzu
Yuzu adalah perpaduan dari tiga jenis buah. Di negara asalnya, Jepang, buah ini sangat dikenal di kalangan para koki. Buah ini adalah hasil persilangan alami, yang memiliki cita rasa dengan perpaduan Lemon, Anggur dan Jeruk Mandarin. Kabarnya, kandungan vitamin C dalam buah Yuzu lebih besar sari Lemon. Perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa menikmati buah ini, karena Yuzu termasuk buah langka di dunia.

9. Tomtato
Tidak seperti buah-buah unik dalam bahasan sebelumnya, yang merupakan persilangan dua atau tiga varietas buah. Tomtato termasuk tanaman unik karena ada dua jenis buah dalam satu pohon. Bagian atasnya menghasilkan Tomat berwarna merah, sedangkan bagian akarnya, menghasilkan Kentang. Tomtato adalah hasil pengcangkokan dan banyak ditemukan di Inggris.

Setelah tahu macam-macam buah unik hasil persilangan, buah mana yang akan kamu coba?

No comments:

Post a Comment